- Tahap Pembuatan Program
- Mendefenisikan Masalah
- Analisa Masalah
- Desain Program
- Implementasi Program
- Pengujian Program
- Maintenance Program
- Algoritma
- Urutan dari langkah-langkah atau instruksi untuk menyelesaikan suatu masalah
- Blueprint dari program
- Disusun sebelum membuat program
- Ada input – output, efektivitas dan efisien, terstruktur
Contoh Algoritma :
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap.
1. Masukkan sebuah bilangan sembarang
2. Bagi bilangan tersebut dengan 2
3 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
4. Bila sisa hasil bagi sama dengan nol maka bilangan itu adalah bilangan genap, bila tidak maka
5. bilangan itu adalah bilangan ganjil
- Flowchart
- Bagan yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
- Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
- System Flowchart
- Urutan proses dalam system (input, output, media penyimpanan)
- Program Flowchart
- Urutan instruksi dalam pemecahan masalah suatu program (simbol tertentu)
- Simbol – simbol Flowchart
- Flow Direction Symbols
- Processing Symbols
- Input – Output Symbols
- Pembuatan Flowchart
- Tidak ada kaidah yang baku
- Gambaran hasil analisa atau masalah
- Bervariasi
- Secara garis besar terdapat 3 bagian utama :
- Input
- Proses
- Output
- Hindari pengulangan proses yang tidak perlu
- Jalannya proses dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas
- Flowchart diawali dari satu titik Start (Mulai) dan diakhiri dengan End (Selesai)
Tag :
PEMEROGRAMAN
0 Komentar untuk "Algoritma dan Flowchart"