Jenis-jenis Jaringan Komputer


Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang terhubung ke dalam satu jaringan yang membentuk satu kesatuan. Komputer dapat di katakan ada di dalam jaringan apabila komputer tersebut sudah bisa bertukar informasi (terkoneksi). Secara umum jaringan komputer terdiri atas 5 jenis yaitu: LAN, MAN, WAN, Internet, Wireless.

1. Jaringan LAN (Local Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang daerah cakupannya kecil, jaringan LAN hanya mencakup satu gedung atau kantor saja. Jaringan LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan worstation dalam kantor suatau perusahaan atau pabrik-pabrik untuk pemakaian sumber daya (Misalnya: Printer, Harddisk) dan saling bertukar informasi.

2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang daerah jangkauannya lebih jauh dari jaringan LAN. Jika jaringan LAN hanya mencakup satu gedung jaringan MAN dapat menghubungkan jaringan di sebuah kota (misal: dalam satu kota terdapat 2 perusahaan yang sama, kedua perusahaan tersebut memiliki jaringan LAN, tetapi ke 2 perusahaan tersebut tidak saling terhubung. Untuk menghubungkan ke 2 perusahaan tersebut dapat menggunakan jaringa MAN). intinya jaringan MAN dapat menghubungkan jaringan yang mencakupt sebuah kota. 

3. Jaringan WAN (Wide Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang daerah cakupannya luas mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Kumpulan jaringan LAN dan MAN dapat dihubungkan dengan jaringan WAN.

4. Internet

Jaringan internet merupakan jaringan global yang saat banyak digunakan oleh masyarakat. Dalam jaringan internet semua orang dapat terhubung kedalam jaringan internet. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke dalam jaringan lainnya. keinginan seperti ini memerlukan hubungan antara jaringan yang sering kali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Kumpulan jaringan yang terkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)

Merupakan jaringan yang menggunakan udara sebagai media penyebaran jaringan. jaringan wireless biasanya dipancarkan menggunakan aksespoint. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan. contoh jaringan tanpa kabel: Hotspot, adhoc (sharing wifi laptop).
0 Komentar untuk "Jenis-jenis Jaringan Komputer"

Back To Top