Cara Menginstall SSH di Ubuntu


Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing. Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows. Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.

Pada kasus di bawah saya menggunakan bantuan VM Ware untuk menjalankan Ubuntu, untuk Ubuntu saya menggunakan Versi 15.04. dan windows 7. Jadi menurut saya cara inibisa dilakukan di semua versi ubuntu. Dan silahkan ikuti langkah-langkah di bawah untuk unstall SSH.

Cara Menginstall SSH di Ubuntu

1. Buka terminal > kemudian ketik
sudo apt-get install openssh-server

2. Untuk mengkonfigurasi SSH dengan perintah
sudo nano /etc/ssh/ssh_config

3. Untuk merestart ssh server gunakan perintah berikut
sudo /etc/init.d/ssh restart

4. Selesai

Langkah selanjutnya buka alpikasi putty di Windows. bisa di download di "http://www.putty.org/"

jika sudah ketikkan IP Address ubuntu ke putty, untuk mengetahui IP Address dari ubuntu ketik ifconfig pada terminal ubuntu. (lihat yang inet addr)

Masukkan IP Address ubuntu ke putty

Ada notifikasi klik yes

Jika sudah masukkan login as dan password (login as bisa dilihat di terminal ubuntu di depan @ dan passowd untuk login ke ubuntu)

Selesai anda sudah bisa mengontrol ubuntu dari windows atau dengan kata lain terminal yang tadinya di ubuntu sekarang juga ada di windows.
Tag : LINUX
0 Komentar untuk "Cara Menginstall SSH di Ubuntu"

Back To Top