Protokol Jaringan Komputer

protokol jarkom

Konsep Dasar Komunikasi Data
Komunikasi adalah cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan data, informasi, berita, pikiran atau pendapat dalam berbagai bentuk. Pertukaran data (dalam bentuk 0 dan 1 ) antara dua piranti melalui media transmisi tertentu.

Komponen utama yang ada pada komunikasi data
- Pengirim (Source)
- Penerima (Receiver)
- Pesan (Message)
- Media Transmisi (Unguieded & Guided )
- Protokol

Beberapa Contoh Protokol Jaringan
Berikut kita akan membahas sedikit tentang protokol yang umum kalian gunakan :
- HTTP
- HTTPS
- FTP
- POP3
- IMAP
- SMTP
- SSH
- ICMP

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).
Port default dari Protokol HTTP yaitu port 80

HTTPS (HyperText Transport Protocol Secure) memiliki pengertian sama dengan HTTP tetapi dengan alasan keamanan (security), HTTPS memberi tambahan Secure Socket Layer (SSL). Umumnya website yang menggunakan HTTPS ini adalah website yang memiliki tingkat kerawanan tinggi yang berhubungan dengan masalah keuangan dan privacy dari pelanggannya seperti website perbankan, media sosial,dll.
Port default dari Protokol HTTPS yaitu port 443

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP dapat diakses melalui port 21 yang dimana port tersebut merupakan port default dari FTP.

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.

IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol ini sama dengan protokol POP (sama-sama protokol untuk nge download email), kelebihan protokol ini dibandingkan dengan POP, IMAP memungkinkan email tetap berada di mail server. 
Port yang digunakan IMAP yaitu 143 

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk pengiriman email.
Port yang digunakan SMTP yaitu 143 

SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yan memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan, ssh juga bisa digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh melalui console atau terminal.
Port yang digunakan SSH yaitu 22

ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.
Ada 2 pesan dalam ICMP:
– ICMP Error Message (dihasilkan jika terjadi kesalahan jaringan).
– ICMP Query Message (dihasilkan jika pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan).

0 Komentar untuk "Protokol Jaringan Komputer"

Back To Top